Artikel

.

Lagi Hobi koleksi mobil Tamiya Mini 4WD juga? Kamu harus tahu ini!

by Admin | 2018-01-24



Tamiya Mini 4WD - orderjepang.com - Hobi koleksi Tamiya Mini 4WD. Salah satu hobby yang keren dan menjanjikan sebagai investasi adalah mengoleksi Mobil Tamiya asli ini. Sebenarnya Tamiya itu adalah nama merk dari perusahaan pencipta mainan mobil kecil tersebut. Nama sebenarnya mobil kecil ini adalah Mini 4WD (4 wheels-drive). Kenapa 4WD? Karena dalam konsep aslinya, Tamiya asli Jepang itu memang dirancang semua rodanya bergerak.

 

Mini 4WD sendiri adalah mainan yang berbentuk rakitan dari Chasis hingga body harus dirakit sedemikian rupa agar menjadi sebuah mainan yang utuh dan dapat dijalankan. Penggerak dari mainan ini adalah sebuah motor DC kecil yang terpasang di antara roda belakang atau depan chasis. Kecepatan dari mobil mainan ini bergantung dari seberapa baik penggunanya merakit motor maupun integrasi elektriknya.

 

Berikut adalah hal - hal yang harus diperhatikan dari kita saat merakit mini 4WD:

 

1.  Pemilihan Motor

Terdapat 2 jenis motor yaitu motor bertenaga tinggi dan berkecepatan tinggi. Pemilihan motor sangat bergantung pada lintasan yang akan dilalui oleh mini 4WD tersebut.

 

2.  Pemilihan Ban

Bila mini 4WD melalui sebuah lintasan balap yang mulus maka ban karet lateks biasa cukup baik untuk digunakan atau bisa menggunakan ban busa, bila mobil hanya melaju untuk putaran singkat.

 

3.  Pemilihan Aksesoris

Bila lintasan yang dilalui terlalu berliku maka disarankan untuk menggunakan minimal roler depan dan belakang sehingga membantu mobil untuk bergerak di setiap tikungan.

 

Sebagai informasi, orang-orang yang mau beli Tamiya rata-rata yang dicari bukan seri tertentu lho, melainkan chasis yang dipakai. Seri populer yang harganya masih terjangkau adalah seri Tamiya yang menggunakan chassis TZ (Super TZ atau TZ-X). Contohnya, Beat Magnum, Buster Sonic, dan beberapa seri lainnya. Tamiya dengan chasis ini punya daya tahan chasis yang kuat dan seimbang.

 

1.  Beat Magnum

 

Beat-Magnum memiliki kemiripan yang jelas dengan pendahulunya, the Cyclone Magnum, namun dengan beberapa perbedaan. Yang pertama adalah penambahan alat peraga penyerap yang ditambahkan ke Body Shell. Ini juga menggunakan roda berdiameter 5-spoke yang dirancang asli, yang dibentuk dengan warna hijau neon, dipasangkan dengan ban licin Avante.

 

2.  Buster Sonic

 

Buster-Sonic memiliki desain aerodinamis yang unik. Keunggulan di jalan yang menikung menghasilkan dorongan yang kuat dan secara bergantian mendorong bagian depan mobil dan suspensi depan yang unik, memperpendek jarak sumbu mobil untuk mencapai kinerja menikung yang lebih baik.

 

Nah, tetapi jika Sobat mencari edisi yang spesial atau langka bisa juga koleksi seri Dash Emperor.

 

 

 

Mana yang cocok untuk Balapan?

 

Sebelum menentukan mobil seri apa yang cocok untuk balapan, alangkah baiknya kita mengetahui dulu jenis balapan di dunia Mini 4WD ini.

Saat ini ada tiga kelas balapan untuk mobil Mini 4WD, yaitu STB (Standard Tamiya Box), STO (Standard Tamiya Original), dan Japan Style. Sebenernya STO dan Japan Style tidak jauh beda, tapi Japan Style lebih keren dan stylish saja tampilannya.

 

  • STB itu adalah balapan dengan mobil Mini 4WD yang semua partsnya dari box yang kita beli. Kita hanya boleh ganti atau modifikasi ban, roller plastic, dan dinamo aja. Kelas ini terbilang banyak peminatnya karena semua orang punya kesempatan yang sama untuk menang.

 

  • Kalo STO dan Japan Style adalah balapan yang menguras otak dan dompet. Karena perlu benar-benar memastikan berapa ukuran ban yang dipakai, jenis roller apa yang beratnya bisa menyeimbangi kecepatan mobil atau roller yang bisa bikin mobil tetap stabil di tikungan, dan segala macam lainnya. Seru kan? Biasanya kalau melihat balapan mobil kelas STO atau Japan Style kita bisa sampai pusing sendiri karena mobil-mobilnya kencang sekali.

 

Tips Mengoleksi Mini 4WD

 

Untuk pemula yang ingin mengoleksi Mini 4 WD sebaiknya tentukan dulu tujuan koleksinya. Apakah hanya sekedar jadi kolektor, racer, atau kolektor sekaligus racer. Tujuan ini nantinya akan berpengaruh pada modal yang harus dikeluarkan oleh seseorang..

 

Membeli mobil Tamiya langsung dari toko Tamiya Jepang memiliki beberapa keuntungan. Selain kualitas Tamiya yang benar- benar original, kita juga memiliki banyak beragam pilihan dan berkesempatan memiliki  mobil Tamiya langka yang sulit didapatkan di negara Indonesia. Toko resmi Tamiya (produsen mini 4WD) yaitu Tamiya Plamodel Factory terletak di Shinbashi. Ukuran toko Tamiya asli ini sangat besar karena menjual seluruh produk Tamiya (6.000 jenis) termasuk mini 4WD.

 

Sobat harus datang ke sini apabila hendak mencari mini 4WD atau anda bisa membeli di webstore Jepang dan menggunakan jasa titip dari Order Jepang ini. Sebagai langkah awal mengoleksi mobil Mini 4 WD merk Tamiya ini, kamu bisa beli di Rakuten Japan, Amazon Japan atau Yodobashi dan webstore Jepang lainnya.

 

Biar Hits Sobat Wajib Follow Akun ini

 

Beberapa akun Instagram yang bisa Sobat follow untuk mengetahui tren Tamiya Mini 4WD ini.

 

1.  @tamiya_mini4w - Akun berbahasa Jepang ini membahas dan memposting semua tentang mini4WD. Bahkan ada beberapa video yang mereka post saat Balapan Mini4WD di Jepang.

 

2.  @tamiya.fanatic - Akun instagram Indonesia yang sharing tentang Mini4WD

 

3.  Atau ikuti website fandom Mini 4WD ini 

 

Rahasia umum dari yang sering balapan adalah baterai charger yang nggak full. Kenapa? Karena kalau baterai kamu full, kemungkinan besar mobil akan mental ke luar track. Gear dan dinamo Tamiya kamu pun harus licin dan tetap dingin. Kebanyakan lebih milih pakai ban yang ukurannya kecil agar Tamiya-nya lebih kencang dan seimbang.

Gimana, sekarang Sobat sudah tentukan mobil yang mana?

 

Jangan lupa untuk mendapatkan info promo 
dan produk yang hits di Jepang, kamu bisa 
kunjungi website dan follow sosial media 
kami ya.
Website : www.orderjepang.com
Instagram : @orderjepang
Fans Page : Order Jepang

 

 


Generic placeholder image

Top